Tautan-tautan Akses

AS

Perunding DPR AS Laporkan Kemajuan dalam Upaya Bantuan Covid-19


Pemimpin Minorita Senat Chuck Schumer bersama Ketua DPR AS saat memberi keterangan pers di Capitol, Washington, 29 Juli 2020. (Foto: Reuters)

Para anggota DPR AS melaporkan ada kemajuan dalam perundingan mengenai bantuan terkait virus korona pada rapat yang digelar pada Sabtu (1/8).

Tekanan politik semakin besar untuk memulihkan tunjangan pengangguran sebesar $600 per minggu yang sudah habis masa berlakunya dan menyalurkan dana untuk membantu sekolah-sekolah buka kembali.

"Ini adalah pertemuan terlama yang kami lakukan dan lebih produktif dibandingkan pertemuan lain," kata Pemimpin Minoritas Senat Chuck Schumer, seorang Demokrat. "Kami belum sepakat, tapi diskusinya cukup produktif -- sekarang masing-masing pihak tahu mereka berada di mana."

Schumer berbicara di samping Ketua DPR Nancy Pelosi, seorang Demokrat, setelah pertemuan tiga jam dengan Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan kepala staf Gedung Putih Mark Meadows.

Kedua tokoh Demokrat itu menginginkan perjanjian yang luas, begitu pula Presiden Donald Trump dan tokoh Republik seperti Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell.

Namun sekitar separuh dari faksi Republik di Senat, kebanyakan konservatif dan tidak menghadapi pemilu musim gugur mendatang, kemungkinan akan menentang segala perjanjian apapun. Perundingan sebelumnya tidak menghasilkan banyak kemajuan.

Pemerintah pusat bersedia memperpanjang tunjangan pengangguran sebesar $600 itu, setidaknya sementara. Namun pemerintah tidak setuju dengan tuntutan Demokrat lain seperti memberi bantuan untuk pemerintah negara bagian dan lokal, menambah kupon bantuan pangan, dan bantuan bagi penyewa dan pemilik rumah. [vm/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG