Tautan-tautan Akses

AS

AS Tunggu RUU Stimulus Baru, Kasus Covid-19 Terus Melonjak


Para petugas medis membawa pasien Covid-19 di sebuah rumah sakit di Houston, Texas (foto: dok).

Dengan lebih dari empat juta kasus COVID-19 terkonfirmasi di seluruh negeri, banyak negara bagian di Amerika menghentikan upaya pembukaan kembali, sehingga membuat mereka yang masih menganggur tidak yakin tentang masa depan mereka. Senat Amerika dari Partai Republik berencana mengusulkan RUU bantuan lagi terkait virus corona minggu ini.

Kasus virus corona yang terkonfirmasi kini melonjak di seluruh Amerika Serikat, khususnya di wilayah Tenggara, seperti disampaikan oleh Mark Meadows, Kepala Staf Gedung Putih.

“Kita menemukan lebih banyak kasus karena kita mengetes lebih banyak orang. Tetapi memang yang perlu kita lakukan adalah fokus pada panti lansia, dan perawatan jangka panjang, sehingga kita dapat menurunkan jumlah kematian karena mereka yang tinggal di panti-panti lansia itulah yang paling berisiko.”

Para ahli kesehatan mengatakan peningkatan pengujian hanyalah salah satu faktor dalam hal ditemukannya infeksi baru dan para pejabat di banyak negara bagian telah mengkritik tanggapan pemerintah federal secara keseluruhan terhadap virus corona, seperti dinyatakan oleh Lujan Grisham, Gubernur New Mexico.

“Kami bergantung pada apa yang terjadi di seluruh negeri. Tidak ada strategi nasional, tidak ada investasi kesehatan publik. Itu semua dimulai dengan anggapan bahwa ‘pandemi ini kebohongan.’ Itu adalah pengingkaran terburuk dari tanggapan dan tanggung jawab nasional untuk melindungi rakyat Amerika yang pernah saya saksikan.”

Sementara banyak negara bagian menghentikan sementara rencana pembukaan kembali, dan bergulat dengan lonjakan baru dalam kasus virus corona, sekitar 11% warga Amerika yang menganggur khawatir bahwa paket bantuan baru terkait virus corona tidak akan disahkan pada waktunya bagi mereka untuk membayar berbagai tagihan untuk keperluan hidup.

Partai Republik di Senat dijadwalkan akan mengungkapkan rencana baru itu minggu ini, tetapi negosiasi sulit diperkirakan akan terjadi dengan Partai Demokrat, seperti diramalkan oleh Mark Meadows, Kepala Staf Gedung Putih.

“Kami akan siap pada hari Senin untuk memberikan perpanjangan tunjangan pengangguran yang akan menjadi 70% dari seberapa pun upah Anda sebelum menjadi penganggur. Tunjangan ini akan mengganti hingga 70% upah itu, yang diharapkan sebagai cara untuk membuat orang kembali mandiri,” tambah Meadows.

Tunjangan $600 per minggu saat ini akan habis masa berlakunya pada akhir minggu ini dan proposal Partai Republik itu akan secara tajam mengurangi jumlah keseluruhan tunjangan yang diterima oleh para penganggur.

Para pemimpin Partai Demokrat telah mendorong agar pemerintah mempertahankan tunjangan $ 600 per minggu. [lt/jm]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG