Tautan-tautan Akses

Pertempuran Jalanan di Ibukota Yaman Meruncing


Seorang pendukung Houthi menghadiri pertemuan di Lapangan Tahrir merayakan kemajuan Houthi dalam memerangi pasukan yang setia kepada mantan presiden Yaman Ali Abdullah Saleh di Sanaa, Yaman, 3 Desember.

Pertempuran di ibukota Yaman semakin meruncing sementara pemberontak Shiah bernama Houthi bentrok dengan pejuang yang setia kepada mantan presiden negara itu pada hari ke-5 berturut-turut tembak-menembak jalanan.

Sementara itu, presiden Yaman yang diakui internasional, Abed Rabbo Mansour Hadi, yang mengasingkan diri di Arab Saudi tampaknya mengajukan tawaran rekonsiliasi kepada pendahulunya, Ali Abdullah Saleh.

Sementara pertempuran berlanjut di ibukota Yaman, Sanaa, para pendukung Saleh menurunkan poster-poster pemimpin Houthi, Abdul-Malik al-Houthi, hari Minggu. Belum ada laporan mengenai korban di kedua pihak.

Dalam pernyataan dari Riyadh, Hadi mengatakan pihaknya, yang didukung koalisi yang dipimpin Saudi dalam perang melawan pemberontak, akan mendukung "pihak manapun yang memerangi gerombolan teroris Houthi."

Ia tidak menyebut nama Saleh, mantan sekutu yang beralih menjadi lawannya. [gp]

XS
SM
MD
LG