Tautan-tautan Akses

Pasar Otomotif AS: Permintaan Kuat untuk SUV dan Truk Pickup


Permintaan yang kuat untuk SUV dan truk pickup meringankan beban di pasar otomotif yang secara keseluruhan menurun bulan lalu (foto: ilustrasi).

Para produsen mobil melaporkan penjualan mobil AS yang beragam pada bulan Januari, dengan permintaan yang kuat untuk SUV dan truk pickup terus meringankan beban di pasar otomotif yang secara keseluruhan menurun.

Ford dan Fiat Chrysler melaporkan penurunan penjualan tahun ke tahun, sementara General Motors mencetak kenaikan tipis dan Toyota mengalami lonjakan yang lebih besar.

Penjualan mobil AS turun tahun lalu untuk pertama kalinya sejak krisis keuangan dan diproyeksikan akan menurun lagi pada tahun 2018. Namun, analis dan eksekutif industri memperkirakan penjualan AS tahun ini akan berada diatas 16 juta kendaraan di tengah rendahnya tingkat pengangguran dan kuatnya tingkat kepercayaan konsumen.

Penjualan Januari Ford turun 6,6 persen dari bulan yang sama tahun 2017 menjadi 161.143 kenderaan. Secara total, penjualan mobil merosot 23,3 persen, termasuk penurunan besar untuk Fusion dan Focus, namun itu sebagian diimbangi oleh peningkatan penjualan pickup F-Series yang digemari pasar.

Penjualan Fiat Chrysler (FCA) turun 13 persen menjadi 132.803, dengan kenaikan besar pada merek Jeep menutupi penurunan pada model-model lainnya. Sementara itu, GM membukukan kenaikan penjualan 1,3 persen secara keseluruhan dibanding Januari 2017 menjadi 198.548. Produsen mobil terbesar AS tersebut menunjuk penjualan yang kuat untuk kendaraan berat, termasuk truk pickup Silverado dan SUV Chevrolet Equinox. [as/ii]

XS
SM
MD
LG