Tautan-tautan Akses

AS

Perjalanan Berbahaya Ditempuh Imigran Gelap untuk Masuki AS


Polisi perbatasan AS di Texas menangkap dua imigran gelap yang berusaha masuk ke AS dengan menyeberangi sungai Rio Grande dari Meksiko (foto: ilustrasi).

Sementara Kongres Amerika berupaya mendanai dinding perbatasan antara Amerika dan Meksiko, pagar perbatasan tahun 2010 yang memisahkan El Paso, Texas dan Juarez, Meksiko sudah cukup sulit untuk imigran ilegal masuk ke Amerika. Ketika Yesus Sanchez datang ke Amerika hampir 30 tahun yang lalu, ia mengarungi sungai Rio Grande. Sanchez sejak itu tinggal di Amerika dan menjadi penduduk ilegal.

El Paso, Texas adalah titik masuk tersibuk kedua di perbatasan antara Amerika dan Meksiko. Meskipun kesibukan di perbatasan itu kebanyakan adalah pelaku perjalanan biasa, tetapi ada arus perjalanan lain terdiri dari orang-orang yang tidak memiliki dokumen masuk yang sah, dan secara sembunyi-sembunyi datang ke El Paso.

Yesus Sanchez datang ketika masih kecil, mengarungi sungai Rio Grande yang menjadi pembatas kedua negara dan mengalir di belakang rumah orang tuanya.

"Kami berjalan, hari itu air sungai tidak terlalu tinggi, sampai selutut. Setelah itu, kita harus waspada terhadap patroli perbatasan. Jika mereka tidak ada, maka lari atau berjalanlah. Saya tidak ingat harus berlari. Waktu itu gelap. sekitar pukul 4 atau 3.30 dini hari," ungkap Sanchez.

Meskipun sudah tinggal di Amerika 30 tahun, Sanchez masih belum memiliki status sebagai penduduk yang sah. Tapi anak-anaknya punya.

Salah satunya adalah pakar biokimia. Sanchez tertawa ketika menceritakan mengenai kisah salah satu anaknya.

"Dia melamar pekerjaan , dan tebak pekerjaan apa yang dilamarnya. Patroli perbatasan," imbuhnya.

Sanchez sebelumnya punya berbagai visa jangka pendek namun ilegal sejak 2010. Kini, disponsori oleh putra tertuanya, ia berharap bisa mendapat kartu hijau atau green card bulan depan.

"Hidup saya di sini sekarang. Saya menjadi begini karena Amerika. Jadi, saya merasa sangat bersyukur, tetapi saya ingin tinggal di sini secara sah," kata Sanchez.

Sekarang lebih sulit menyeberang secara diam-diam ke El Paso daripada ketika Sanchez dulu melakukannya.

Pagar sepanjang 211 kilometer di sepanjang perbatasan kota itu selesai tahun 2010. Pada tahun 2006, sebelum pagar itu berdiri, ada 122.000 orang yang menyeberang perbatasan secara ilegal. Tahun lalu: sekitar 25.000. [my]

XS
SM
MD
LG