Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Evaluasi Proposal UU Imigrasi dari Kedua Kubu yang Saling Bersaing


Senator James Lankford mendengarkan penjelasan dari Senator Angus King mengenai program DACA di Gedung Capitol, Washington, 7 Februari 2018. (Foto: dok).

Senat Amerika bisa melakukan pemungutan suara untuk beberapa proposal reformasi imigrasi pada hari Kamis ini (15/2), sementara para anggotanya mempertimbangkan RUU yang diajukan oleh kedua pihak yang bersaing, yang mencakup isu-isu seperti melindungi imigran muda yang tidak berdokumen atau ilegal, meningkatkan keamanan perbatasan dan mengubah peraturan untuk imigrasi berbasis keluarga.

Rabu malam (14/2), sebuah kelompok bipartisan yang terdiri dari 16 senator mengumumkan sebuah kesepakatan mengenai undang-undang yang akan menawarkan jalan menuju kewarganegaraan bagi imigran ilegal yang dibawa masuk ke Amerika Serikat sewaktu kanak-kanak (DACA).

Baca juga: Senat AS Luncurkan Debat Imigrasi

RUU tersebut juga akan memberikan otorisasi $25 miliar untuk pendanaan keamanan perbatasan selama 10 tahun, sementara juga memfokuskan upaya penegakan hukum imigrasi terhadap penjahat kambuhan atau serius, mereka yang menjadi ancaman terhadap keamanan nasional dan mereka yang tiba di Amerika secara ilegal setelah akhir Juni mendatang.

Presiden Donald Trump mendukung reformasi menyeluruh yang akan menambah pembatasan pada imigrasi berbasis keluarga dan memprioritaskan pendatang baru yang memiliki keterampilan kerja tingkat lanjut daripada sistem undian seperti selama ini. [lt]

XS
SM
MD
LG