Tautan-tautan Akses

Peringkat Trump Merosot Dalam Daftar Miliarder Forbes


Jeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon.com, berbicara di Gedung Putih, Washington, 5 Mei 2016.

Kekayaan bersih Presiden Amerika Donald Trump menyusut sebesar $400 juta tahun lalu, menjadi sekitar $3,1 miliar. Akibatnya, Trump turun sebanyak 222 peringkat dalam daftar tahunan miliarder sedunia versi majalah Forbes yang dirilis Selasa (6/3).

Peringkat Trump terlempar dari urutan orang terkaya ke-544 pada 2017, menjadi di posisi 766 pada 2018. Ini adalah tahun kedua berturut-turut kekayaan Trump menyusut.

Ketika peringkat Trump turun, daftar miliarder Forbes mencatat rekor dengan masuknya 35 nama baru.

CEO Amazon Jeff Bezos dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia, dengan kekayaan sebesar $112 miliar, naik $39,2 miliar dari tahun sebelumnya. Masuk dalam tiga besar Microsoft Bill Gates di peringkat dua dengan $90 miliar, dan investor Warren Buffett dengan $84 miliar.

Baca: CEO Amazon Jeff Bezos Sekarang Orang Terkaya di Dunia

Orang terkaya di Eropa dan keempat dalam daftar itu adalah bos perusahaan barang mewah LVMH, Bernard Arnault, yang memiliki kekayaan sebesar $72 miliar.

Amerika memiliki miliarder paling banyak berdasarkan negara, dengan 585 orang, diikuti oleh China. Negara bagian California, memiliki 144 miliarder, lebih banyak daripada negara manapun selain Amerika dan China.

Jerman paling banyak punya miliarder dibandingkan negara Eropa lain manapun, dengan 123. India memiliki 119 miliarder, dan Rusia memiliki 102. Hongaria dan Zimbabwe muncul untuk pertama kali dalam daftar tahunan ini, masing-masing satu miliarder.

Baca: Jumlah Miliarder Asia Saingi Amerika

Sepuluh orang Arab Saudi yang biasanya termasuk di antara 100 teratas, termasuk investor teknologi terkemuka Pangeran Alwaleed bin Talal, tidak masuk dalam daftar tersebut, "karena kurang jelas tentang apa yang mereka miliki saat ini," kata Forbes menjelaskan, menyusul tindakan keras pemerintah Saudi baru-baru ini terhadap korupsi dalam jajaran pemerintahan.

Daftar itu menampilkan 256 miliarder perempuan. Pewaris Walmart Alice Walton berada di urutan puncak dengan nilai kekayaan $46 miliar.

Menurut Forbes, 2.208 miliarder yang masuk daftar tahun ini, secara keseluruhan memiliki kekayaan $9,1 triliun, sekitar 4 persen dari seluruh uang di dunia. [my/ds]

XS
SM
MD
LG