Tautan-tautan Akses

Pendiri Amazon Jeff Bezos Sempat Geser Bill Gates Jadi Orang Terkaya di Dunia


FILE - Amazon CEO Jeff Bezos berjalan di panggung pada acara peluncuran Amazon Fire phone terbaru di Seattle, 16 Juni 2014. Bezos saat ini tercatat sebagai orang terkaya di dunia, menggeser posisi Bill Gates.

Ada nama baru dalam daftar teratas orang paling kaya di dunia.

Pendiri dan CEO Amazon.com, Jeff Bezos, sempat mengambil-alih kedudukan Bill Gates dari Microsoft, dan sekarang menjadi orang terkaya di dunia, berdasarkan harga saham perusahaan mereka Kamis.

Majalah Forbes, yang melacak kekayaan pribadi terbesar di dunia, mengatakan, kekayaan bersih Bezos menyentuh sedikit di atas 90,5 miliar dolar, melebihi Bill Gates, yang kekayaannya tercatat lebih dari 90 miliar dolar. Selama beberapa jam, Bezos menjadi orang terkaya di dunia, tapi siangnya, harga-harga saham Amazon turun sedikit, sehingga jumlah kekayaan Bezos juga turun dibawah nilai kekayaan Gates.

Bezos, yang berusia 53 tahun, memiliki sekitar 17 persen saham Amazon.com Inc.

Perusahaan pengecer online terbesar di dunia, yang didirikan pada tahun 1994, telah berkembang menjadi berbagai macam perusahaan teknologi yang aktif dalam bidang komputer, video online, perangkat keras komputer dan intelijen buatan.

Perusahaan tersebut juga mengumumkan tahun ini akan membeli perusahaan Whole Foods yang menjual bahan pangan , untuk memperluas layanan belanja makanan online Amazon.

Bezos menjadi multi miliuner pertama yang melebihi Gates dalam tujuh tahun, dalam hal keuangan . Gates, yang berusia 61, telah menjadi nomor satu selama 18 dari 22 tahun terakhir; Dia telah mengundurkan diri dari pimpinan Microsoft , dan sekarang mencurahkan lebih banyak waktu untuk badan amal yang telah mendapat lebih dari 30 miliar dolar dari dia dalam beberapa tahun terakhir.

Pendiri Amazon.com Bezos adalah orang keenam yang memegang gelar "terkaya di dunia" dalam 30 tahun yang telah dilacak oleh Forbes. Selain memiliki saham Amazon.com yang besar, Bezos juga secara pribadi memiliki surat kabar Washington Post, dan mendirikan perusahaan teknologi antariksa Blue Origin. (SP/II)

XS
SM
MD
LG