Tautan-tautan Akses

Perenang Perempuan Mesir 76 Tahun Semangat Incar Gelar Juara


Perenang Mesir berusia 76 tahun, Nagwa Ghorab, berlatih di Kairo, Mesir, 28 Januari 2019.
Perenang Mesir berusia 76 tahun, Nagwa Ghorab, berlatih di Kairo, Mesir, 28 Januari 2019.

Bila dedikasi saja sudah cukup menjadi kunci kemenangan, Nagwa Yousef Ghorab, seorang perenang perempuan asal Mesir berusia 76 tahun, pasti sudah mengantongi banyak medali kejuaraan.

Ghorab pertama kali berenang pada usia 4 (empat) tahun. Pada usia 14 tahun, perenang putri itu meraih gelar juara gaya bebas dan punggung untuk Mesir dalam kategori usia di bawah 16 tahun (U-16).

Namun, dia harus berhenti berlomba pada usia 18 tahun, karena Mesir saat itu tidak punya kompetisi untuk atlet renang dewasa. Tapi hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk terus berlatih hingga puluhan tahun kemudian.

“Saya akan membuktikan kepada Anda dan semua orang bahwa usia bukan halangan, bila Anda punya kemauan. Dan, bila Anda punya pandangan positif dalam kehidupan,” kata Ghorab kepada Reuters.

Nagwa Ghorab, 76 tahun, perenang asal Mesir, tersenyum setelah selesai latihan di Kairo, Mesir, 27 Januari 2019.
Nagwa Ghorab, 76 tahun, perenang asal Mesir, tersenyum setelah selesai latihan di Kairo, Mesir, 27 Januari 2019.

​Kompetisi renang untuk atlet dewasa akhirnya kembali diadakan di Mesir pada 2005. Ghorab, untuk pertama kali sepuluh tahun kemudian, naik ke podium internasional setelah memenangkan dua medali perunggu di sebuah kejuaraan di Rusia.

“Ini sudah ada dalam diri saya selama 60 tahun, menunggu untuk dilepaskan,” katanya. “…saya ingin maju di pertandingan internasional. Saya tidak ingin dikalahkan siapa pun. Apalagi, saya berkompetisi atas nama negara saya.”

Ghorab sekarang sedang berlatih untuk kejuaraan di Korea Selatan. Pelatihnya, Haytham Sabry, mengatakan dia punya semangat seperti atlet berusia 20 tahun.

“Dia punya tekad kuat saat udara dingin maupun panas. Dia masih datang setiap hari untuk berlatih. Tidak ada kejuaraan ingin dia lewatkan,” kata Sabry. [ft]

XS
SM
MD
LG