Tautan-tautan Akses

AS

Perempuan AS Terjangkit Virus Corona di Costa Rica


Tenaga medis memasukkan seorang pasien ke ambulans di Life Care Center of Kirkland, fasilitas perawatan jangka panjang terkait beberapa kasus virus corona di Kirkland, Washington, AS. 6 Maret 2020. (Foto: Reuters / Lindsey Wasson)

Seorang wanita AS dinyatakan positif terjangkit virus corona dalam perjalanan wisatanya ke Costa Rica, kasus pertama yang dikukuhkan di Amerika Tengah, kata Menteri Kesehatan Costa Rica Jumat (6/3).

Perempuan berusia 49 tahun itu telah tertular virus sebelum memasuki negara itu pada 1 Maret, kata Menteri Kesehatan Daniel Salas.

Menurut berita yang dilansir dari AFP, kini ia "dalam isolasi ketat" di sebuah hotel di San Jose dengan suaminya -yang menurut Salas, melakukan kontak dengan orang-orang di New York yang dites positif terkena virus itu.

"Pria itu tidak menunjukkan gejala-gejala. Wanita itu memiliki gejala-gejala flu yang sangat ringan, diare dan sakit perut," kata menteri itu pada konferensi pers yang diadakan bersama dengan Presiden Carlos Alvarado.

Wanita yang tertular itu telah melakukan perjalanan ke Pantai Pasifik dan ke utara sebelum terjangkit, kata Salas.

Tes sedang dilakukan terhadap lima orang lainnya yang oleh pihak berwenang telah diidentifikasi pernah melakukan kontak dekat dengan pasangan itu, kata menteri.

Dia menambahkan, kasus positif pertama "tidak berarti ada penularan orang-ke-orang yang berkelanjutan" di Costa Rica.

Kasus virus corona mencapai lebih dari 102 ribu orang di seluruh dunia di 97 negara hingga hari Jumat (6/3), dan lebih dari 3.490 orang di antaranya meninggal. [ps/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG