Tautan-tautan Akses

Perayaan Tahun Baru di New York Hargai Jurnalisme


Bola kristal yang disiapkan di Times Square, Manhattan, New York bagi perayaan malam tahun baru 2019.
Bola kristal yang disiapkan di Times Square, Manhattan, New York bagi perayaan malam tahun baru 2019.

Sekelompok jurnalis akan mengisi perayaan Tahun Baru di Times Square New York hari Senin (31/12), sementara tradisi penjatuhan bola kristal tahunan itu memperingati jurnalisme dan kebebasan berpendapat.

Sejumlah reporter dan editor terkemuka AS akan naik panggung sesaat sebelum tengah malam untuk menekan tombol yang memulai hitung mundur menuju Tahun Baru.

Menurut Komite bagi Perlindungan Wartawan, sedikitnya 53 jurnalis tewas ketika bertugas tahun 2018 dan 251 lainnya dipenjara di seluruh dunia.

Sementara itu, untuk pertama kalinya, polisi New York akan menggunakan drone untuk memonitor kerumunan massa. Selain itu, lebih dari 1.200 kamera video juga akan dipasang di berbagai lokasi oleh polisi.

Upaya pengamanan lain termasuk penutupan beberapa ruas jalan, pengerahan ribuan petugas berseragam dan berpakaian preman, penembak jitu di sejumlah atap gedung-gedung sekitar dan menyegel lubang-lubang saluran pembuangan.

Hari Minggu, para pejabat melakukan uji coba penjatuhan bola kristal seberat 544 kilogram. Bola tahun ini akan menampilkan 1.688 segitiga kristal dan dilengkapi dengan lampu-lampu LED yang mampu mengeluarkan sejumlah warna dan pola.

Walikota New York Bill de Blasio hari Jumat mengatakan bahwa kota itu diperkirakan akan dibanjiri "sampai dua juta orang di Times Square saja" untuk perayaan itu. (vm)

XS
SM
MD
LG