Tautan-tautan Akses

Penyelidikan Pribadi terhadap Pembunuhan Miliarder Kanada Selesai


Honey dan Barry Sherman, kepala dan CEO Apotex Inc., dalam sebuah acara penggalangan dana di Toronto, Ontario, Canada, 24 Agustus 2010.

Polisi, Senin (16/12), mengatakan penyelidikan pribadi terhadap pembunuhan pebisnis miliarder pemilik perusahaan obat-obatan Kanada, Barry Sherman, dan istrinya, telah selesai. Namun, penyelidikan polisi masih tetap berjalan.

Pejabat polisi urusan pembunuhan di Toronto, Hank Idsinga, mengatakan kasus itu kini hanya ditangani oleh polisi. Idsinga menambahkan bahwa penyelidikan yang dilakukan pihak swasta yang disewa keluarga Sherman telah berakhir. Namun hadiah yang dijanjikan oleh pihak keluarga, yaitu 10 juta dolar untuk informasi untuk menangkap dan mengajukan tuduhan, tetap berlaku.

Pendiri perusahaan obat-obatan generik ‘’Apotex Inc.’’ dan istrinya, Honey, ditemukan tewas di rumah mewah mereka di Toronto pada 15 Desember 2017. Keduanya ditemukan dalam kondisi digantung dengan ikat pinggang di pagar yang mengelilingi kolam renang yang berada di dalam ruangan, dan berada dalam posisi setengah duduk di dek kolam renang.

Polisi awalnya mengatakan kematian keduanya mencurigakan, tetapi tidak ada tanda-tanda masuk secara paksa dan mereka tidak mencari tersangka.

Sehari kemudian sejumlah media mengutip beberapa polisi yang tidak diketahui identitasnya, yang mengatakan kematian keduanya tampaknya akibat pembunuhan-dan-bunuh diri (murder-suicide) yaitu tindakan membunuh satu atau banyak orang, sebelum kemudian bunuh diri. Pernyataan ini membuat keempat anak pasangan itu gusar, dan kemudian menyewa tim penyelidik sendiri.

Sherman, yang berusia 75 tahun, dikenal karena praktik hukum yang agresif ketika mengembangkan “Apotex Inc,” yang mempekerjakan sekitar sebelas ribu orang. Dalam buku “Prescription Games” pada 2011 tentang industri itu, Sherman membayangkan bahwa pesaingnya ingin membunuhnya.

Barry dan Honey Sherman termasuk di antara filantropi Kanada yang paling dermawan, dan kematian mereka mengejutkan masyarakat kelas atas Kanada dan komunitas Yahudi di negara itu. Pasangan itu telah memberikan sumbangan jutaan dolar ke rumah sakit, sekolah dan badan amal, serta membangun beberapa gedung yang diberi nama mereka sebagai penghormatan. Mereka juga pernah menjamu Perdana Menteri Justin Trudeau dalam penggalangan dana Partai Liberal pada 2015. [em/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG