Tautan-tautan Akses

AS

Penyakit Anjing yang Dapat Ditularkan ke Manusia Teridentifikasi di Iowa


ARSIP - Anjing-anjing Greyhound tampak berlarian di Alan Hill Kennel, Jumat, 26 Mei 2006, dekat Radcliffe, Iowa (foto: AP Photo/Charlie Neibergall)

Para petugas menyatakan sebuah penyakit pada anjing yang dapat ditularkan ke manusia telah teridentifikasi di Iowa.

Dokter hewan di negara bagian tersebut, Dr. Jeff Kaisand, menyatakan beberapa kasus penyakit yang dikenal sebagai canine brucellosis telah teridentifikasi di sebuah fasilitas pengembangbiakan komersil untuk anjing-anjing kecil di Marion County.

Dinas Pertanian dan Konservasi Lahan menyatakan lembaga tersebut telah memberitahukan kepada warga yang memelihara anjing-anjing yang terpapar. Baik hewan maupun fasilitas tersebut telah ditempatkan dalam karantina sementara anjing-anjing yang ada di situ menjalani pengujian.

Tanda-tanda penyakit pada anjing antara lain adalah kemandulan, aborsi spontan, dan kematian janin. Para pejabat kesehatan di negara bagian itu menyatakan gejala-gejala yang tampak pada manusia antara lain adalah demam, berkeringat, sakit kepala, nyeri sendi, dan lesu.

Departemen tersebut menyatakan ancaman terhadap sebagian besar pemilik hewan pemeliharaan tergolong sangat rendah. Risiko tertular bagi para pembudidaya anjing, staf kedokteran hewan, dan siapapun yang terkena darah, jaringan, dan cairan selama proses anjing melahirkan kemungkinan lebih tinggi. [ww/ft]

XS
SM
MD
LG