Tautan-tautan Akses

Penutupan Perbatasan Afghanistan-Pakistan Rugikan Perdagangan Pangan


Pasukan Pakistan siaga di perbatasan Chaman yang ditutup, sementara warga dari Afghanistan ingin memasuki Pakistan (foto: dok).

Pertempuran lintas batas antara Afghanistan dan Pakistan telah menghentikan perdagangan bernilai jutaan dolar dan membendung ratusan truk yang penuh dengan buah-buahan dan sayuran di perbatasan, di mana produk tersebut bisa rusak karena panas yang menyengat.

Pakistan menutup pos perbatasan Chaman, di seberang Spinboldak dari sisi Afghanistan, setelah bentrokan perbatasan baru-baru ini antara penjaga perbatasan Afghanistan dan Pakistan yang menyebabkan lebih dari 10 orang tewas. Institusi ekonomi global mengatakan, Asia Selatan adalah salah satu daerah yang paling tidak terhubung secara ekonomi, dan penutupan perbatasan secara periodik semakin mempersulit keadaan.

Musim panas adalah waktu terbaik bagi panen buah dan sayur di kedua negara. Dalam keadaan normal sekitar tahun ini, sebagian besar buah anggur dan buah delima Afghanistan diangkut lewat darat ke Pakistan.

Mangga dan sayuran Pakistan diekspor ke Afghanistan, , bersamaan dengan perdagangan bilateral dalam banyak komoditas lain, sebagian legal dan sebagian lainnya tidak legal.

Bagian dari hasil buah Afghanistan dijual di Chaman dan desa-desa di dekatnya, sisanya dijual di pasar-pasar di seluruh Pakistan. [ps/al]

XS
SM
MD
LG