Tautan-tautan Akses

Penyusup Taliban Tembak Mati 6 Polisi Afghanistan


Warga Afghanistan memeriksa mobil yang rusak akibat bom bunuh diri di provinsi Khost, 27 Mei 2017.

Seorang penyusup Taliban menembak mati 6 orang tentara pemerintah di Afghanistan selatan, yang menaikkan jumlah tentara dan polisi yang tewas oleh pemberontak dalam satu pekan ini menjadi hampir 100 orang.

Pejabat Afghanistan dan pemberontak mengatakan hari Minggu insiden "serangan orang dalam" tadi malam itu terjadi di sebuah pos keamanan terpencil di provinsi Zabul dimana seorang pengawal polisi menembak rekan-rekannya.

Ia menembak mati 6 polisi, termasuk komandan pos itu. Media Afghanistan mengutip pejabat setempat mengatakan si penembak kemudian bergabung kembali dengan Taliban dan menyerahkan pos itu kepada kekuasaan pemberontak.

Taliban dalam satu pekan ini telah menyerang beberapa pangkalan dan instalasi militer Afghanistan, terutama di provinsi-provinsi bagian selatan yang rawan, menewaskan dan melukai banyak pasukan keamanan.

Hari Sabtu, hari pertama bulan suci Ramadan, sebuah mobil pembom bunuh diri Taliban di kota Khost, Afghanistan timur, menyerang konvoi pasukan khusus Afghanistan yang mengamankan pasukan Amerika. Ledakan tersebut menewaskan paling sedikit 18 tentara dan melukai banyak lainnya.

Para pejabat Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan pasukan pemerintah juga telah menjatuhkan korban besar di pihak Taliban dalam serangan balasan. [gp]

XS
SM
MD
LG