Tautan-tautan Akses

Australia Akan Kirim 30 Penasehat Militer Tambahan ke Afghanistan


Seorang pelatih militer dari AD Australia dari Ninewa Operations Command Commando Battalion mengamati seorang serdadu AD Irak saat menggunakan senjata mesin M249 berpeluru tajam di Taji Military Complex, Iraq.

Tigapuluh penasehat militer tambahan dari Australia akan dikirimkan untuk melatih pasukan Afghanistan dan Australia berharap negara-negara lain juga akan meningkatkan kontribusi mereka pada negara di Asia Tengah itu.

Australia hari Senin (29/5) mengumumkan akan mengirim 30 penasehat militer tambahan untuk melatih pasukan Afghanistan dan berharap negara-negara lain juga akan meningkatkan kontribusi mereka pada negara di Asia Tengah itu.

Menteri Pertahanan Australia Marise Payne mengatakan peningkatan ini merupakan permintaan NATO dan dilakukan untuk mendukung Amerika. Ditambahkan, penasehat militer tambahan ini akan menjadikan jumlah personil militer Australia yang memainkan peran non-tempur di Afghanistan menjadi 300 orang.

“Mereka akan tetap melanjutkan peran semula untuk melatih, memberi nasehat dan membantu,” ujar Payne pada komite Senat. “Kami berharap mitra-mitra lain juga akan meningkatkan kontribusi mereka pada Resolute Support Mission,” tambahnya.

Resolute Support Mission pimpinan NATO didukung oleh 39 negara yang telah mengirim sekitar 13.500 personil; dengan peran utama melatih, memberi nasehat dan membantu pasukan keamanan dan institusi Afghanistan.

Pasukan Australia telah terlibat di Afghanistan sejak invasi pimpinan Amerika tahun 2001. [em]

XS
SM
MD
LG