Tautan-tautan Akses

Penulis Satir Olok-olok Halaman Facebook Partai Nasionalis Jerman


Shahak Shapira, penulis yang menyebut dirinya sebagai “pemimpin propaganda” partai politik satir di Jerman. (Foto: Wikipedia)

Seorang penulis satir yang berada di Berlin mengatakan ia dan beberapa orang lain telah berhasil menggunakan profil palsu untuk bergabung dan kemudian mengambil alih lebih dari 30 halaman Facebook yang mendukung Partai Alternatif Bagi Jerman (AFD) yang berhaluan nasionalis.

Shahak Shapira, yang menyebut dirinya sebagai “pemimpin propaganda” partai politik satir di Jerman “The Party” mengatakan ia dan beberapa orang lainnya telah menjadi administrator atau pengelola selama lebih dari 11 bulan. Ditambahkannya, halaman-halaman Facebook itu tampaknya dijalankan oleh robot “untuk menyebarkan iklan AFD, berita palsu dan ungkapan kebencian” kepada para anggota, dan ia ingin “menunjukkan bahwa mereka telah dibodohi.”

Shapira hari Senin (4/9) mengatakan kelompoknya berhasil menyingkirkan pengelola sebenarnya dan mulai mengganti halaman-halaman Facebook AFD, misalnya dari slogan “Homeland Love” menjadi “Hummus Love” dan memasang pesan-pesan yang ditujukan kepada 180 ribu anggota akun itu.

AFD belum memberi komentar apapun. [em/jm]

XS
SM
MD
LG