Tautan-tautan Akses

AS

Pentagon Selidiki Kontrak Tembok Pembatas AS-Meksiko Senilai AS$ 400 Juta


Tembok pembatas AS-Meksiko (Photo: AP/Rebecca Blackwell)

Pengawas internal Departemen Pertahanan Amerika tengah menyelidiki kontrak pembuatan tembok antara Amerika dan Meksiko seilai AS$400 juta, yang diberikan kepada firma yang berulang kali tampil di Fox News untuk mendapat pekerjaan itu.

Inspektur jenderal Pentagon mengirim surat, Kamis (12/12), kepada Ketua Dewan Komite Dalam Negeri Bennie Thompson, Disebutkan kontrak yang diberikan kepada firma yang berkantor di North Dakota, Fisher Sand and Gravel Co., akan diaudit.

Thompson, minta peninjauan kontrak itu pekan lalu, karena adanya keprihatinan terkait proposal yang tidak memenuhi kebutuhan operasional, prototipe datang terlambat, dan anggaran yang berlebihan.

Tommy Fisher, kepala bisnis keluarga itu, mengatakan hari Kamis, “tidak ada yang aneh” yang akan ditemukan dalam audit itu.

Tembok pembatas adalah salah satu prioritas utama Trump. Dia berkampanye dan berjanji akan membangun sebuah “Tembok Besar dan Indah” antara Amerika dan Meksiko, menyebut Meksiko akan membayar untuk itu, dan berjanji akan membangun sepanjang 400 sampai 500 mil sebelum akhir 2020. Namun Meksiko tidak mau membayar tembok tersebut, dan sampai 1 November lalu, Trump baru membangun sepanjang 78 mil.

Upaya Trump untuk menggunakan anggaran Pentagon, setelah Kongres menolak membiayai tembok itu, dihadapkan dengan penolakan dan gugatan hukum. Seorang hakim federal pekan ini melarang pemerintah Amerika menggunakan sebagian anggaran pertahanan untuk tembok itu—termasuk kontrak yang diberikan untuk Fisher tersebut.[ti/ii]

XS
SM
MD
LG