Tautan-tautan Akses

AS

Di Mana Tembok Baru Perbatasan AS-Meksiko akan Dibangun?


Petugas Patroli Perbatasan AS, Jerry Conlin, melihat ke arah Tijuana, Meksiko, di belakang tembok perbatasan AS-Meksiko yang lama, 4 September 2019.

Pentagon memangkas dana untuk 127 proyek Departemen Pertahanan di dalam dan luar negeri untuk mengalihkan AS$3,6 miliar guna membiayai tembok Presiden Donald Trump di sepanjang perbatasan AS-Meksiko.

Program-program yang sudah dipangkas termasuk sejumlah pengeluaran militer yang sudah direncanakan sebelumnya, termasuk kisaran target, fasilitas pemeliharaan dan pusat penitipan anak untuk keluarga militer.

Beberapa proyek yang dibatalkan tidak begitu penting, seperti memperluas parkir di Akademi Militer AS di West Point, sementara yang lainnya bisa dibilang lebih penting, seperti perluasan lapangan pertahanan rudal di Alaska.

Gubernur California Gavin Newsom mengatakan negara bagiannya kehilangan AS$8 juta untuk membangun sebuah simulator penerbangan, yang akan membantu Garda Nasional dalam pemadaman kebakaran.

Pentagon mengatakan tidak ada proyek yang menyediakan perumahan atau infrastruktur penting bagi pasukan terimbas oleh pemangkasan itu.

Pejabat Pentagon mengatakan dana yang dihemat dari proyek itu akan dialihkan untuk membangun 282 kilometer dinding perbatasan selatan, yang menjadi isu penting Trump selama masa kepresidenannya.

Presiden Trump tahun ini mengumumkan darurat nasional terkait masalah ini untuk melancarkan miliaran dolar dana militer guna mendanai tembok itu bersama dana $ 1,4 miliar yang telah dialokasikan Kongres.

Anggota Kongres dari Partai Demokrat mengecam keras langkah ini dan mengatakan mereka tidak akan menyetujui dana untuk lebih besar guna memulihkan kembali program militer yang dipangkas.

Minggu ini di Yuma, Arizona, konstruksi dimulai pada bagian pagar perbatasan yang didanai oleh pemangkasan militer itu. Pagar baja sepanjang 9 meter sedang dibangun di sepanjang Sungai Colorado, daerah yang mengalami peningkatan besar penyeberangan migran tahun ini.

Amerika Serikat sudah memiliki semacam penghalang di sekitar sepertiga perbatasannya dengan Meksiko.[my/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG