Tautan-tautan Akses

AS

Trump Minta Mahkamah Agung AS Cairkan Anggaran Tembok Perbatasan


Presiden AS Donald Trump berbicara kepada media saat meninjau perbatasan AS-Meksiko di kota Calexico, California (foto: dok).

Pemerintahan Trump telah meminta Mahkamah Agung untuk mengizinkan penggunaan dana anggaran Pentagon guna membangun tembok di sepanjang perbatasan dengan Meksiko, setelah dua pengadilan yang lebih rendah mencegahnya untuk melakukan hal itu.

Pemerintahan Trump mengajukan permintaan itu ke Mahkamah Agung hari Jumat (12/7). Pekan lalu, sebuah panel yang terdiri tiga hakim dari Pengadilan Banding Sirkuit ke-9 AS di kota San Francisco memutuskan menentang permintaan itu.

Keputusan pengadilan banding San Francisco itu tetap mempertahankan keputusan pengadilan sebelumnya untuk mencegah pemerintah menggunakan dana Departemen Pertahanan AS. Pemerintahan Trump bermaksud menggunakan sebagian dana pemberantasan narkoba untuk membangun tembok di bagian yang sangat diutamakan yaitu di Arizona, California dan New Mexico.

Yang dipertaruhkan dalam sengketa ini adalah dana miliaran dolar, yang akan memungkinkan Presiden Donald Trump memenuhi janji kampanyenya pada Pilpres 2016, sebelum pemilihan presiden AS tahun depan di mana Trump akan bertarung untuk masa jabatan kedua. (ps/pp)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG