Tautan-tautan Akses

Pentagon Bereaksi Setelah Turki Terbitkan Peta Pos Militer AS di Suriah Utara


FILE - Gambar dari video senapan kamera yang diambil pada tanggal 4 Juli 2015 dan dikeluarkan oleh Komando Pusat Amerika Serikat menunjukkan sebuah serangan udara di sebuah jembatan di dekat kelompok Negara Islam - yang dimiliki Raqqa, Suriah, yang merupakan rute transit utama bagi militan.

Departemen Pertahanan Amerika (Pentagon) telah mengemukakan kekhawatirannya kepada Turki karena kantor berita resmiTurki ANADOLU NEWS AGENCY menerbitkan peta pos-pos militer Amerika di Suriah utara. Peta itu diterbitkan hari Rabu dan menunjukkan 10 lokasi militer Amerika di satu wilayah Suriah yang berada di bawah kekuasaan Kurdi-Suriah.

Turki mengatakan yang bernama UNIT PELINDUNG RAKYAT KURDI adalah cabang bersenjata dari Partai Demokrasi Kurdi, yang oleh Turki dianggap sebagai kelompok teroris.

Juru bicara Pentagon menjelaskan, pihak militer Amerika tidak tahu siapa sumber peta itu, namun ‘akan sangat cemas jika ada pejabat-pejabat dari satu anggota NATO sekutu Amerika sengaja membahayakan pasukan Amerika dengan membeberkan informasi yang peka’.

Pentagon tidak mengkonfirmasi jika informasi mengenai peta itu memang benar. [ps/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG