Tautan-tautan Akses

Pentagon Tak Dapat Kukuhkan Tewasnya Pemimpin ISIS


Pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi tidak terlihat oleh umum sejak tahun 2014 (foto: dok).

Para pejabat Pentagon mengatakan mereka tidak mempunyai informasi untuk mengukuhkan laporan bahwa pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi telah tewas.

“Kami tidak dapat mengukuhkan laporan ini, tetapi berharap laporan itu benar,” kata koalisi yang dipimpin Amerika dalam pernyataan yang dikirim melalui email.

“Kami dengan kuat menasihati ISIS agar melaksanakan garis atau urutan suksesi yang kuat, itu akan dibutuhkan.”

Pemantau hak azasi Suriah yang berbasis di Inggris melaporkan hari Selasa (11/7) mereka telah memperoleh informasi yang mengukuhkan kematian pemimpin ISIS itu.

“Kami memperoleh berita itu hari ini tetapi tidak mengetahui kapan ia meninggal atau bagaimana ia meninggal,” kata direktur pemantau itu Rami Abdel Rahman kepada AFP.

Baghdadi, 46 tahun, belum terlihat oleh umum sejak tahun 2014, ketika ia muncul di masjid al-Nuri Mosul untuk menyatakan kekhalifahan Islam di wilayah yang dikuasai ISIS di Irak dan Suriah. Ia sudah pernah dengan keliru dilaporkan tewas atau luka-luka beberapa kali sejak menjadi terkenal tiga tahun yang lalu.

Militan ISIS telah meledakkan masjid itu dan menara 45 meternya yang miring bulan lalu ketika pasukan Irak berusaha menghalau militant itu dari salah satu basis Mosul mereka.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi dengan resmi menyatakan kemenangan atas ISIS di Mosul hari Senin. [gp]

XS
SM
MD
LG