Tautan-tautan Akses

Penjualan Rumah Baru di AS Naik 4,5% Bulan Maret


Rumah-rumah yang dijual di kota Portland, Oregon (foto: ilustrasi).

Penjualan rumah-rumah baru di Amerika naik 4,5% pada bulan Maret, kenaikan untuk bulan ketiga berturut-turut karena pasar perumahan tampaknya pulih dari lonjakan suku bunga tahun lalu yang menyebabkan pembelian rumah merosot.

Departemen Perdagangan AS mengatakan hari Selasa (23/4), rumah-rumah baru terjual 692.000 pada bulan Maret, naik dari 662.000 pada bulan Februari. Untuk tiga bulan pertama 2019, penjualan rumah baru 1,7% lebih tinggi daripada periode yang sama tahun lalu.

Laju penjualan bulan Maret merupakan yang terkuat sejak November 2017, menandakan pasar properti baru sedang membangun momentum. Penjualan rumah baru mulai pulih setelah tingkat bunga cicilan rumah 30-tahun turun dari tingkat puncaknya yang hampir 5% pada November 2018.

Namun pasar perumahan tidak seimbang dalam beberapa bulan terakhir, menandakan kenaikan harga selama bertahun-tahun telah mengurangi terjangkaunya rumah dan tingkat bunga cicilan rumah yang lebih rendah dapat mengurangi tekanan biaya yang lebih tinggi. Penjualan rumah yang sudah ada sekarang yang merupakan bagian terbesar dari pembelian jatuh 4,9% pada bulan Maret, menurut Persatuan Realtors Nasional Amerika, Senin. (ps)

Recommended

XS
SM
MD
LG