Tautan-tautan Akses

Penjualan Eceran di AS Turun 8,7% Bulan Maret 


Toko-toko retail di New York tutup akibat perebakan wabah Covid-19 di sana, yang merupakan wilayah terparah yang dilanda pandemi di AS.

Penjualan di toko-toko eceran (retail) Amerika jatuh 8,7% pada Maret, penurunan yang belum pernah terjadi sebelumnya, sewaktu pandemi Covid-19 memaksa semua penutupan perdagangan di seluruh negeri.

Penurunan penjualan jauh melampaui rekor sebelumnya 3,9% yang terjadi selama Great Recession atau Resesi Besar pada November 2008.

Penjualan mobil turun 25,6%, sementara penjualan toko pakaian merosot 50,5%, kata Departemen Perdagangan hari Rabu. Restoran dan bar melaporkan penurunan pendapatan hampir 27%.

Pakar ekonom di JPMorgan Chase memperkirakan, ekonomi AS akan menyusut 40% pada kuartal April-Juni.

Penjualan bahan makanan melonjak hampir 26% karena orang Amerika membeli makanan dan barang-barang kebutuhan lebih banyak selama pandemi. Sebagian besar kategori termasuk belanja online naik 3,1%.

Pengeluaran mungkin jatuh bahkan lebih cepat dari angka penjualan eceran yang diperkirakan. Laporan hari Rabu tidak termasuk pengeluaran untuk layanan seperti menginap di hotel, tiket pesawat, atau bioskop, yang semuanya menderita kerugian paling parah selama wabah. [ps/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG