Tautan-tautan Akses

Pengusaha Afrika Selatan Ciptakan Aplikasi Informasi Terkait Virus Corona


Aplikasi yang menyajikan informasi seputar virus corona untuk para pengguna di Afrika Selatan, buatan Praekelt.corg.
Aplikasi yang menyajikan informasi seputar virus corona untuk para pengguna di Afrika Selatan, buatan Praekelt.corg.

Sebuah aplikasi Whatsapp yang diluncurkan di Afrika Selatan telah digunakan oleh jutaan warga dalam waktu singkat untuk mendapatkan informasi terbaru tentang pandemi virus corona.

Praekelt.org menciptakan aplikasi itu untuk membantu penduduk meningkatkan kesehatan mereka. Salah satu aplikasi lainnya yang juga sukses disebut Mom Connect, yang memberikan informasi penting bagi perempuan hamil dan bisa menghubungkan mereka langsung dengan petugas layanan kesehatan.

Gustaf Praekelt, pendiri praekelt.org melihat adanya kebutuhan informasi segera tentang virus corona. Pemerintah Afrika Selatan telah menyediakan layanan telpon khusus, tapi kewalahan melayani jumlah besar pertanyaan yang masuk.

Kata Praekelt, ia khawatir penduduk tidak bisa mengakses informasi yang bisa dipercaya, dan mudah terpengaruh oleh kabar-kabar angin, khususnya di tengah pandemi virus corona ini.

Dalam 10 hari pertama sejak diluncurkan paket aplikasi telepon pintar itu telah digunakan oleh 3,5 juta orang. Praekelt bergabung dengan WHO untuk menciptakan aplikasi serupa bagi penduduk di seluruh dunia. Tujuan pentingnya adalah untuk melawan informasi yang keliru tentang pandemi itu. [ii/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG