Tautan-tautan Akses

Pengarang Autobiografi Palsu Howard Hughes, Wafat


Pengarang Clifford Irving memasuki gedung pengadilan federal di New York, 13 Maret 1972.

Clifford Irving, penulis yang hampir saja berhasil menerbitkan karya sastra terbesar, tapi palsu sepanjang masa, telah meninggal dunia.

Keluarga Irving mengatakan dia meninggal hanya seminggu setelah didiagnosis menderita kanker pankreas, pada usia 87 tahun.

Irving adalah seorang novelis yang kurang terkenal, ketika dia menimbulkan kehebohan global pada 1970,dengan mengatakan bahwa dia berhasil mewawancarai Howard Hughes - industrialis dan miliarder, yang dikenal suka menyendiri dan menghindari publisitas atau kontak dengan siapa pun.

Irving mengatakan dia dan Hughes bekerja sama dalam menulis autobiografi itu, dan mendapat uang muka 765.000 dolar dari penerbit buku McGraw-Hill.

Ketika jutaan orang dengan penuh harap menantikan terbitnya autobiografi itu, Hughes mengadakan jumpa pers yang sangat jarang untuk mengatakan bahwa dia belum pernah bertemu Irving dan tidak menulis autobiografi.

Irving mendekam 17 bulan di penjara federal karena penipuan dan terpaksa mengembalikan uang muka tersebut kepada penerbitnya.

Penipuan itu menjadi bahan film The Hoax, yang dibintangi Richard Gere pada 2006.

Autobiografi palsu Howard Hughes akhirnya dipublikasikan secara pribadi dan tersedia untuk umum sebagai e-book pada 2012.

Irving pernah menyebut usahanya untuk menerbitkan autobiografi palsu itu sebagai suatu "kegilaan”. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG