Tautan-tautan Akses

Pengamat: Kelompok Jihad Uighur di Suriah Bisa Jadi Ancaman


ARSIP – Foto yang diambil hari Minggu, 5 Juli 2015, menampilkan warga Uighur yang tinggal di Turki dan para pendukung Turki, meneriakkan slogan-slogan sambil menggenggam bendera China sebelum membakarnya (foto: AP Photo/Lefteris Pitarkis, Arsip)

Para pengamat memperingatkan bahwa kelompok ekstremis Turkistan Islamic Party (TIP) di sebelah barat laut Suriah bisa mengancam provinsi Idlib yang rentan, dimana upaya-upaya terus dilakukan untuk mempertahankan gencatan senjata yang rentan antara pasukan Suriah dan berbagai kelompok pemberontak.

TIP mendeklarasikan emirat Islam di Idlib pada akhir November dan selama ini kurang mendapat perhatian dari pihak berwenang maupun media. Didirikan tahun 2008 di sebelah wilayah Xinjiang di sebelah barat laut China, TIP telah menjadi salah satu kelompok ekstremis utama di Suriah sejak pecahnya perang saudara di negara itu tahun 2011.

TIP pada umumnya terdiri dari Muslim Uighur dari China, tapi dalam beberapa tahun ini juga melibatkan para pejuang lain dalam satuannya. [vm]

XS
SM
MD
LG