Tautan-tautan Akses

Kanada Tegur China Soal Perlakuan Terhadap Muslim Uighur


Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berpidato di KTT Perdamaian Nelson Mandela, di Majelis Umum PBB, di New York, 24 September 2018.
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berpidato di KTT Perdamaian Nelson Mandela, di Majelis Umum PBB, di New York, 24 September 2018.

Kanada menegur China seputar pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan negara tersebut, khususnya terhadap Muslim Uighur, kata beberapa pejabat, Selasa (25/9).

“Tiap kali saya duduk bersama pemimpin dunia mana pun terutama yang di negaranya ada keprihatinan mengenai hak asasi, saya angkat soal hak asasi,” kata Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di sela-sela sidang Majelis Umum, kantor berita AFP melaporkan.

Sekitar satu juta suku Uighur dan Muslim lain yang minoritas telah ditahan dalam kamp pengasingan di provinsi Xinjiang, China barat, menurut perkiraan Komite PBB tentang Penghapusan Diskriminasi Rasial.

Beijing mempersoalkan temuan Komite PBB itu dengan mengatakan penahanan itu perlu untuk memerangi ekstremisme dan terorisme di perbatasan barat dan di perbatasan dengan Pakistan.

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo juga mencela penindasan agama yang terjadi di China.

China meningkatkan tindakan penumpasan di Xinjiang terhadap yang disebutnya ekstremisme Islam dan unsur-unsur separatis. Tetapi banyak Muslim di kawasan sana menuduh Beijing melakukan penindasan agama dan budaya. [al]

XS
SM
MD
LG