Tautan-tautan Akses

Pengadilan Kasus Suap FIFA Bebaskan Pejabat Sepak Bola Peru


Mantan pejabat sepak bola Peru,l Manuel Burga, melambaikan tangan ke arah wartawan pada saat meninggalkan pengadilan federal di Brooklyn, New York, 26 Desember 2017.

Panel juri di New York membebaskan mantan pejabat sepak bola Peru dalam persidangan kasus penyuapan FIFA.

Manuel Burga, mantan Presiden Federasi Sepak Bola Peru, dibebaskan dari tuduhan konspirasi pemerasan. Putusan tersebut diambil beberapa hari setelah dewan juri menyatakan dua mantan pejabat sepak bola Amerika Selatan lainnya bersalah karena tuduhan korupsi.

Jose Maria Marin, mantan Kepala Konfederasi Sepak Bola Brasil, dan Juan Angel Napout, mantan Kepala Sepak Bola Paraguay, dihukum karena konspirasi pemerasan. Marin dinyatakan bersalah atas enam dari tujuh tuduhan dan Napout pada tiga dari lima tuduhan. Mereka menghadapi hukuman paling sedikit 10 tahun penjara.

Tiga pejabat sepak bola tersebut ditangkap pada 2015, dengan tuduhan menerima jutaan dolar untuk memberikan hak televisi dan pemasaran atas pertandingan sepak bola.

Jaksa Amerika telah mendakwa 42 pejabat dan eksekutif pemasaran sebagai bagian dari penyelidikan yang mengguncang FIFA. Paling sedikit 24 orang telah mengaku bersalah.

Burga menyebut pembebasannya sebagai keajaiban. "Tuhan memberkahi Amerika, hanya itu yang bisa saya katakan,'' katanya.

Dia juga bersumpah akan kembali ke Peru dan melanjutkan karier sebagai pengacara. "Karier saya dalam sepak bola telah selesai,'' katanya. [sp/ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG