Tautan-tautan Akses

Pejabat Sepakbola Brazil dan Paraguay Dinyatakan Bersalah atas Tuduhan Korupsi


Dari kiri: Juan Angel Napout, Manuel Burga, dan Jose Maria Marin, tiga pejabat sepakbola Amerika Latin yang didakwa dalam kasus korupsi.

Juri di pengadilan Amerika telah menyatakan bersalah dua orang pejabat sepakbola Amerika Selatan atas tuduhan korupsi. Ini adalah vonis pertama dalam penyelidikan yang dilakukan Amerika atas badan pengatur sepakbola dunia atau FIFA.

Juri federal di pengadilan New York bersidang selama seminggu sebelum mengeluarkan keputusan itu hari Jumat (22/12) dan akan melanjutkan pemeriksaan minggu depan atas pejabat sepakbola internasional yang ketiga.

Para juri itu mendapati Jose Maria Marin, mantan ketua konfederasi sepakbola Brazil, dan Juan Angel Napout, mantan ketua asosiasi sepakbola Paraguay melakukan korupsi dalam menjalankan tugas mereka dalam FIFA.

Juri belum sepakat tentang nasib bekas pejabat FIFA ketiga yang dituduh korupsi, Manuel Burga dari federasi sepakbola Peru.

Ketiga orang itu ditangkap tahun 2015 dan dituduh menerima uang suap jutaan dolar supaya mengizinkan perusahaan televisi dan pemasaran untuk menyiarkan pertandingan sepakbola internasional.

Jaksa-jaksa Amerika telah menuduh 42 orang pejabat dan eksekutif pemasaran terlibat dalam kasus korupsi besar yang menggoncang FIFA. Sedikitnya 24 dari 42 pejabat dan bekas pejabat itu telah mengaku bersalah. [ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG