Tautan-tautan Akses

AS

Pengadilan AS Perpanjang Tenggat Surat Suara via Pos di North Carolina


Para pemilih awal menunggu untuk memberikan suara mereka di lokasi pemungutan suara Perpustakaan Daerah Selatan di Durham, N.C., Kamis, 15 Oktober 2020. (Foto: AP/Gerry Broome)

Pengadilan banding federal Amerika memutuskan, petugas pemilu dapat menghitung surat suara meskipun tiba setelah Hari Pemilihan asalkan pemilih di negara bagian North Carolina mengirim surat suara via pos selambat-lambatnya pada Hari Pemilihan.

Pengadilan Banding Sirkuit ke-4, Selasa (20/10), menolak gugatan terhadap aturan Dewan Pemilu Negara Bagian North Carolina yang mengatakan akan menerima surat suara via pos hingga 12 November. Peraturan sebelumnya menetapkan 6 November sebagai batas waktu.

Putusan dengan suara 12 banding 3 itu melibatkan semua hakim aktif di pengadilan itu, bukan panel tiga hakim seperti biasanya. Ini menandakan pentingnya kasus tersebut.

Masalah ini muncul di pengadilan di seluruh Amerika sementara pejabat pemilu, partai politik, dan kelompok HAM berselisih tentang pertanyaan sejauh mana aturan di setiap negara bagian harus diubah sementara semakin banyak orang hendak menghindari keharusan pergi ke tempat pemungutan suara pada 3 November karena pandemi virus corona. Pengadilan umumnya berpihak pada aturan yang diberlakukan badan legislatif dan pejabat pemilu negara bagian, dan menolak gugatan dari partai politik dan kelompok luar.

Gugatan hukum itu diajukan di banyak negara bagian yang dianggap kunci untuk memutuskan calon mana yang akan memenangkan pemilihan presiden, seperti Pennsylvania, Wisconsin, dan Michigan.

Mahkamah Agung Amerika, Senin (19/10), menguatkan keputusan pengadilan tinggi Pennsylvania yang mengizinkan penghitungan surat suara yang masuk apabila tiba sebelum 6 November.

Berbagai pengadilan memberi pemilih di Georgia, Michigan dan Wisconsin perpanjangan serupa, tetapi pengadilan yang lebih tinggi membatalkan putusan tersebut. Para pemilih di ketiga negara bagian itu kini harus memastikan surat suara mereka diterima pada Hari Pemilihan supaya bisa dihitung.

Secara keseluruhan, sekitar 20 negara bagian mengizinkan surat suara masuk setelah Hari Pemilu asalkan diberi cap pos paling lambat 3 November.

Banyak negara bagian juga mengizinkan orang memberikan suara secara langsung sebelum Hari Pemilu. Digabung dengan suara via pos, sekitar 38 juta orang telah memberikan suara pada Selasa (20/10) malam, menurut Proyek Pemilu Amerika. [ka/ab]

XS
SM
MD
LG