Tautan-tautan Akses

Penasihat Keamanan Nasional AS Berkunjung ke Afghanistan


Penasihat Keamanan Nasional Amerika H.R. McMaster di Afghanistan.

Penasihat Keamanan Nasional Amerika H. R. McMaster tiba di Kabul hari Minggu untuk berbicara dengan para pemimpin Afghanistan mengenai masalah keamanan dan memeriksa keadaan pasukan Amerika di lapangan.

Kunjungan McMaster dilakukan setelah para komandan militer Amerika meminta tambahan ribuan pasukan pada kekuatan yang ada sekarang kira-kira 8.400 tentara Amerika di Afghanistan.

Wakil kepala staff angkatan darat Afghanistan, Jenderal Murad Ali Murad, mengukuhkan kepada para wartawan McMaster telah bertemu dengan penasihat keamanan nasional Afghanistan Hafneef Atmar segera setelah mendarat di Kabul. Murad mengatakan kunjungan oleh pejabat keamanan tertinggi Amerika itu menunjukkan dukungan kuat sekutu-sekutu Afghanistan untuk mengalahkan musuh bersama, yakni, terorisme.

Jenderal Murad menambahkan bahwa pembicaraan McMaster dengan para pejabat kementerian pertahanan Afghanistan juga direncanakan, dan ia mengemukakan Amerika Serikat akan meningkatkan jumlah pasukan guna membantu operasi keamanan Afghanistan.

McMaster tiba di negara itu hanya beberapa hari setelah militer Amerika menyerang basis ISIS di provinsi Nangarhar, Afghanistan timur, yang berbatasan dengan Pakistan, dengan apa yang disebut para pejabat Amerika bom non-nuklir terbesar yang pernah digunakan dalam pertempuran.

Murad membela lagi serangan besar-besaran itu dengan mengatakan serangan tersebut menewaskan 95 militan ISIS dan menghancurkan persembunyian strategis pejuang ISIS di Afghanistan.

Pasukan Afghanistan dan Amerika sedang melakukan operasi pemeriksaan di daerah itu sejak serangan hari Kamis. [gp]

XS
SM
MD
LG