Tautan-tautan Akses

AS

Penasihat Keamanan AS Tiba di Ukraina, Tegaskan Dukungan AS


Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, John Bolton. (Foto: dok).

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, John Bolton telah tiba di Kiev. Ini adalah lawatan pertama seorang pejabat tinggi Amerika ke Ukraina sejak terpilihnya Presiden Volodymyr Zelenskiy pada April lalu.

“Duta Besar Bolton berada di sini untuk menegaskan dukungan Amerika bagi kedaulatan Ukraina, keutuhan territorial, dan jalur Eropa-Atlantik. Ia berharap melakukan pertemuan yang produktif dengan para pejabat Ukraina,” sebut Kedutaan Besar Amerika di Kiev melalui Twitter pada 27 Agustus ini.

Sehari sebelumnya, Bolton mencuit bahwa Washington mendukung “upaya reformasi dan visi Zelensky untuk menciptakan Ukraina yang lebih kuat dan lebih sejahtera,” di tengah-tengah pertempuran yang terus berlangsung antara pasukan pemerintah dan separatis dukungan Rusia di bagian timur negara itu.

Juga pada 27 Agustus, kantor presiden Belarusia menyatakan bahwa Bolton akan mengunjungi Minsk untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Alyaksandr Lukashenka pekan ini, tanpa menyebut tanggal pastinya.

Perjalanan Bolton ke Minsk, yang belum dikukuhkan oleh para pejabat Amerika, akan menandai perjalanan pejabat paling senior pemerintah Amerika ke Belarusia dalam 20 tahun ini. Pemerintah bekas republik Soviet lainnya, Moldova, sebelumnya menyatakan bahwa Bolton akan mengunjungi Chisinau pada 29 Agustus mendatang.

Lawatan Bolton ke Eropa Timur besar kemungkinan akan membuat jengkel Moskow, yang telah berusaha memulihkan pengaruhnya atas bekas republik-republik Soviet dalam beberapa tahun ini. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG