Tautan-tautan Akses

AS

AS akan Kenakan Sanksi Bagi Pihak yang Dukung Maduro


Penasihat Keamanan Nasional Amerika John Bolton menghadiri konferensi negara-negara yang mendukung pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido, di Lima, Peru, Selasa, 6 Agustus 2019.

Penasihat Keamanan Nasional Amerika John Bolton mengatakan pemerintah Amerika kini bisa mengenakan sanksi atas siapa pun yang mendukung pemerintahan presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Bolton mencetuskan pernyataan itu satu hari setelah Presiden Donald Trump mengenakan embargo ekonomi penuh atas Venezuela. Kemarin, Trump menandatangani perintah eksekutif untuk membekukan semua aset pemerintah Venezuela di Amerika.

Berbicara di Lima, Peru, Selasa (6/8), Bolton mengatakan Amerika mengirim pesan keras kepada pihak-pihak ketiga yang masih ingin mengadakan hubungan bisnis dengan pemerintah Maduro.

“Kalian harus hati-hati, dan tidak ada gunanya membahayakan hubungan bisnis dengan Amerika hanya karena ingin mendapat keuntungan dari sebuah rezim yang korup dan sekarat,” ujarnya.

Kata Bolton dalam konferensi internasional tentang demokrasi di Venezuela “masa untuk berdialog sudah lewat. Kini adalah masa untuk bertindak. Maduro sudah tidak berdaya lagi.”

John Bolton juga mengecam dukungan China dan Russia bagi Maduro. Kepala Komite Hubungan Internasional Majelis Tinggi Rusia, Konstantin Kosachev mengatakan, tindakan Amerika itu adalah “aksi bandit internasional, dan merupakan campur tangan terbuka dalam hubungan LN Venezuela.”

Pemerintah Russia dan Kuba telah mengirim pasukan ke Venezuela untuk mendukung Maduro. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG