Tautan-tautan Akses

Persetujuan Perdagangan Inggris-AS Pasca Brexit Terancam


Pemimpin minoritas Senat AS dari Partai Demokrat, Chuck Schumer

Anggota-anggota Demokrat di Kongres Amerika mengancam akan memblok setiap persetujuan perdagangan antara Inggris dan pemerintahan Trump, kalau perbatasan pasca Brexit ditetapkan di Irlandia. Mereka mengatakan,perbatasan fisik mengancam persetujuan perdamaian yang ditengahi Amerika pada tahun 90an, yang berhasil mengakhiri kekerasan selama 30 tahun di Irlandia Utara.

Peringatan dari Demokrat senior itu datang beberapa hari setelah penasihat keamanan Presiden Trump, John Bolton, mengatakan Inggris akan mendapat prioritas persetujuan perdagangan yang dipercepat dengan Amerika apabila Inggris meninggalkan Uni Eropa.

Dalam surat kepada Menlu AS Mike Pompeo Senin (19/8), pemimpin minoritas senat Chuck Schumer mengatakan dia mendukung baik Demokrat maupun Republik di DPR dalam menentang persetujuan perdagangan seperti itu.

Dalam lawatan ke London minggu lalu, Bolton mengatakan, Trump sangat bersemangat dalam mendukung persetujuan perdagangan. Sebelumnya bulan ini, Pompeo mengatakan kepada Menlu Inggris Dominic Raab pemerintahan Trump sudah siap menanda-tangani sebuah persetujuan perdagangan baru secepat mungkin setelah Britain keluar dari Uni Eropa. (jm/my)

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG