Tautan-tautan Akses

Pemimpin Faksi Republik di DPR: Taliban Seharusnya Tidak Mendikte AS


Pemimpin Minoritas DPR AS Kevin McCarthy, Rabu, 23 Juni 2021. (Foto: VOA)

Pemimpin faksi Republik di DPR, Selasa (24/8), menyerukan pemerintah Biden untuk tetap tinggal di Afghanistan hingga seluruh warga Amerika keluar dan tidak membiarkan Taliban mendikte tenggat waktu tertentu.

“Kita harus berada di sana hingga seluruh warga Amerika dapat keluar dari Afghanistan,” ujar Pemimpin Minoritas DPR Kevin McCarthy.

Ditambahkannya, “kita seharusnya menggunakan segala cara yang mungkin untuk mewujudkan hal itu dan kita tidak boleh merundingkannya. Kita seharusnya menjelaskan bahwa inilah yang akan terjadi. Dan siapa pun yang menghalangi kita untuk membawa pulang warga Amerika keluar dari negara itu, akan menghadapi bahaya.”

Pernyataan itu disampaikan McCarthy setelah Presiden Joe Biden memutuskan tetap akan menyelesaikan proses evakuasi yang dipimpin Amerika itu sesuai tenggat 31 Agustus, ujar seorang pejabat pemerintah.

Keputusan itu mencerminkan kekhawatiran militer tentang meningkatnya ancaman keamanan terhadap angkutan udara yang dimulai sejak sepuluh hari lalu itu.

Berbicara sebelum Biden menyampaikan keputusannya, seorang juru bicara Taliban menegaskan kembali bahwa kelompok itu akan menentang perpanjangan tenggat waktu. Taliban telah mengizinkan evakuasi lewat udara berlanjut tanpa gangguan.

Sekutu-sekutu Amerika, anggota-anggota Kongres – baik dari faksi Demokrat maupun faksi Republik – serta kelompok veteran dan organisasi pengungsi telah menekan Biden untuk memperpanjang tenggat waktu, yang ia tetapkan jauh sebelum Taliban dengan cepat merebut kembali Afghanistan pada 15 Agustus.

Masih belum jelas apakah pengangkutan udara dari Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul itu dapat mengeluarkan seluruh warga negara Amerika, warga asing, mantan penerjemah dan militer, serta warga Afghanistan lain yang berisiko terancam di bawah kekuasaan Taliban – tepat pada 31 Agustus atau tidak. [em/lt]

Lihat komentar (5)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG