Tautan-tautan Akses

AS Tingkatkan Evakuasi dari Kabul


Terlihat pengungsi Afghanistan memasuki pesawat angkut militer AS saat evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, 22 Agustus 2021. (Foto: via AP)

Militer Amerika telah melakukan penerbangan evakuasi terbesar di Afghanistan sejak operasi itu dimulai pada 15 Agustus.

“Dengan gembira saya ingin melaporkan pemberangkatan terbaik sejak operasi evakuasi dimulai, terjadi dalam 24 jam terakhir ini. Ada 37 pesawat angkut militer, 32 pesawat C-17, lima pesawat C-130 yang terbang dari Kabul dengan sekitar 12.700 personel," ujar Wakil Direktur Kepala Staf Gabung Untuk Operasi Regional, Mayjen. William Taylor dalam konferensi pers di Pentagon, Selasa (24/8).

"Selain itu ada 47 pesawat koalisi dan mitra kami yang meninggalkan Kabul dengan 8.900 personel. Kerja tim dan fokus yang sangat luar biasa ini berhasil mengeluarkan 21.600 orang dari Afghanistan hanya dalam 24 jam," tambahnya.

Namun Presiden Joe Biden menghadapi keputusan mendesak untuk menyudahi seluruh angkutan udara, sesuai perjanjian dengan Taliban.

Di tengah operasi evakuasi itu, seorang pejabat Amerika mengatakan Direktur CIA Williams Burns diam-diam terbang ke Kabul pada Senin (23/8) untuk bertemu dengan pemimpin politik utama Taliban. [em/lt]

XS
SM
MD
LG