Tautan-tautan Akses

Pemimpin Dunia Puji Upaya Presiden Xi Tangani Wabah Virus Corona


Para petugas kesehatan memeriksa penumpang di sebuah pesawat yang baru mendarat di Shanghai dari Changsha, sebuah kota di provinsi yang berdekatan dengan Provinsi Hubei, pusat wabah virus corona, 25 Januari 2020. (Foto: Reuters)

Presiden China Xi Jinping mendapat pujian dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan para pemimpin dunia lainnya atas upayanya menangani wabah virus corona.

Setidaknya 41 orang meninggal dan lebih dari 1.200 jatuh sakit akibat terjangkit virus itu. Penyakit itu telah menyebar ke sekitar 15 negara, termasuk AS dan Perancis.

"China telah bekerja keras untuk mengendalikan virus corona itu. AS sangat mengapresiasi upaya dan transparansi mereka. Semua akan berjalan baik. Khususnya, atas nama rakyat Amerika, saya ingin berterima kasih kepada Presiden Xi!" cuit Trump pada 24 Januari.

China menuai pujian atas upayanya yang mencegah penyebaran wabah itu, antara lain mengisolasi hampir 40 juta orang di 18 kota besar maupun kecil di Hubei, provinsi yang paling terkena dampaknya. Pemerintah juga telah menugaskan dokter-dokter militer dan memulai konstruksi dua rumah sakit darurat untuk menampung 2.300 pasien di Hubei dalam hanya dua minggu.

Xi merangkul para pemimpin dunia termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel sebagai bagian dari upaya perbaikan citra karena para pelancong China dianggap sebagai pembawa penyakit di sedikitnya 15 negara.

Dia mengatakan China siap bekerja sama dengan masyarakat internasional untuk mencegah penyebaran kasus pneumonia yang disebabkan sebuah virus corona jenis baru untuk meningkatkan keselamatan kesehatan global. [vm/ft]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG