Tautan-tautan Akses

CDC Kukuhkan Pasien Virus Korona ke-2 di AS


Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular AS (CDC) mengukuhkan kasus kedua virus corona Wuhan di AS telah dideteksi di Chicago. (Foto:dok).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular AS (CDC) mengukuhkan kasus kedua virus corona Wuhan di AS telah dideteksi di Chicago. CDC menyebutkan 63 orang sedang dipantau sementara virus itu menyebar ke seluruh dunia.

Orang yang terinfeksi virus itu baru-baru ini bepergian ke Wuhan, China. Perempuan berusia 60 tahun itu tidak menggunakan angkutan umum dan tidak sakit sewaktu ia berpergian, kata otoritas kesehatan Chicago dalam suatu panggilan konferensi.

Dari 63 orang yang diawasi dari 22 negara bagian, hasil tes 11 di antaranya terbukti negatif, sebut CDC dalam panggilan konferensi dengan wartawan.

Virus temuan baru ini telah menewaskan 26 orang dan menulari lebih dari 800 orang, tetapi sebagian besar pasien dan seluruh korban yang meninggal sejauh ini ditemukan di China saja, di mana para pejabat memberlakukan restriksi perjalanan dan pertemuan umum.

CDC menyatakan meyakini bahwa ancaman langsung virus itu terhadap penduduk AS tetap rendah.

Organisasi Kesehatan Dunia hari Kamis menyatakan virus itu sebagai situasi “darurat di China,” tetapi tidak menyebutnya sebagai situasi darurat kesehatan global. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG