Tautan-tautan Akses

Pemimpin Dunia di Toronto untuk KTT G-8 dan G-20


KTT G-20 akan membahas cara-cara terbaik untuk memandu ekonomi global ke pemulihan yang lebih kuat.

Para presiden dan perdana menteri mulai berdatangan di Toronto, Kanada untuk mengikuti KTT G-8 dan KTT G-20, termasuk Presiden Rusia Dmitri Medvedev, Perdana Menteri Jepang Naoto Kan dan Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Pertemuan puncak G-8 itu akan diadakan hari Jumat dan Sabtu di Muskoka, di utara Toronto. Pertemuan puncak G-20 akan diadakan di Toronto hari Sabtu dan Minggu.

Pembicaraan di KTT G-8 akan membahas sebagian mengenai masalah keamanan dan perdamaian, dengan fokus Iran, Korea Utara, Afghanistan, Pakistan, dan proses perdamaian Timur Tengah.

KTT G-20 akan membahas cara-cara terbaik untuk memandu ekonomi global ke pemulihan yang lebih kuat. Para pemimpin G-20 adalah dari negara-negara yang menghasilkan 90 persen produk ekonomi dunia dan 80 persen perdagangan dunia.

Dalam sebuah kolom opini, suratkabar Globe and Mail, pemimpin Inggris David Cameron mengatakan KTT itu perlu menjadi lebih dari sekadar wacana pembicaraan akbar dan dapat membuat kemajuan dalam sejumlah prioritas penting seperti ekonomi global.

Para pejabat mengatakan, para pemimpin dunia itu akan membahas masalah-masalah keamanan namun fokus penting dalam pembicaraan itu adalah mencari cara-cara untuk menjamin pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan sementara mengatasi defisit anggaran yang berkembang.

Presiden Amerika Barack Obama diperkirakan tiba di Kanada hari Jumat ini untuk mengikuti KTT para pemimpin G-8 di Muskoka. Hari Sabtu, fokus perhatian akan beralih ke Toronto dan KTT para pemimpin negara-negara G-20.

Pihak berwenang Kanada telah menangkap paling sedikit 3 orang sehubungan dengan kemungkinan ancaman kekerasan dalam beberapa hari ini.

XS
SM
MD
LG