Tautan-tautan Akses

Hu Jintao Tak Akan Bahas Kebijakan Yuan di KTT G-20


Jubir Kementerian Luar Negeri Tiongkok Qin Gang mengatakan, diskusi tentang mata uang yuan pada KTT G-20 tidak pantas.

Pemerintah Tiongkok mengatakan Presiden Hu Jintao akan menghadiri pertemuan G-20 minggu depan di Toronto, tetapi tidak akan membicarakan kebijakan nilai tukar mata uang Tiongkok.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Qin Gang hari Kamis mengatakan diskusi tentang mata uang Tiongkok, yuan, pada pertemuan puncak internasional itu tidak pantas.

Qin membela manajemen Tiongkok terhadap mata uangnya yang menurut para pengritik nilainya terlalu rendah. Dia mengatakan Beijing menentang negara-negara lain yang menekan Tiongkok untuk mengatasi isu mata uang dan ia berharap konferensi ini akan memusatkan perhatian pada isu-isu ekonomi lain seperti meningkatkan sumbangan pemikiran negara-negara berkembang di Dana Moneter Internasional.

Anggota kongres Amerika mengatakan Tiongkok sengaja membuat nilai yuan rendah, sehingga memberikan keuntungan perdagangan yang tidak adil kepada para eksportir dan memicu hilangnya pekerjaan di Amerika. Beijing menyatakan bahwa meningkatkan nilai mata uangnya tidak akan memecahkan masalah-masalah ini.

XS
SM
MD
LG