Tautan-tautan Akses

Pemimpin Kelompok Dalit Batalkan Pemogokan di Mumbai


Aksi demonstrasi pengikut kelompok Dalit di Mumbai, Rabu (3/1).

Seorang pemimpin kelompok Dalit telah membatalkan sebuah pemogokan di pusat finansial India setelah terjadi bentrokan dua hari oleh pemrotes Dalit.

Protes terjadi di seluruh negara bagian Maharashtra setelah seorang laki-laki tewas Senin dalam bentrokan seputar perayaan 200 tahun Perang Bhima Koregaon, ketika terjadi kelompok Dalit, yang berkasta rendah, memihak Inggris dan berperang untuk mengalahkan penguasa kasta tinggi.

Pemimpin Dalit Prakash Ambedkar, cucu dari penyusun konstitusi India dan yang melarang diskriminasi berdasarkan kasta, Bhimrao Ramji Ambedkar, telah membatalkan pemogokan yang direncanakan hari Rabu (3/1), setelah berkonsultasi dengan polisi Mumbai.

Kelompok Dalit turun ke jalan Senin dan Selasa, dilaporkan merusak bus dan mobil di Mumbai, menghambat lalu lintas, dan berbaris di jalan kereta, sehingga mengganggu layanan kereta di Mumbai. Pemimpin Dalit menuduh kelompok sayap kanan Hindu menghasut kekerasan di Pune pada Senin selama perayaan berlangsung.

Pengikut kelompok Dalit, yang juga dikenal sebagai the untouchables atau paria, berada pada hirarki kasta terbawah, dan merupakan masyarakat India yang paling miskin. Jumlah mereka sekitar 200 juta dan mereka acapkali menderita perampasan hak-hak dan pengucilan ekonomi oleh warga Hindu dari kasta yang tinggi. [jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG