Tautan-tautan Akses

Pemimpin Bavaria Ikut Pemilihan Kandidat Kanselir Jerman


Gubernur negara bagian Bavaria, Markus Soeder

Gubernur negara bagian Bavaria, Markus Soeder, Minggu (11/4) mengumumkan akan mencalonkan diri sebagai kandidat konservatif kanselir Jerman dalam pemilihan September. Ia mengatakan akan segera menyelesaikan masalah ini dan secara damai dengan saingannya, ketua Partai Demokrat Kristen (CDU).

Tekanan meningkat bagi keputusan yang cepat tentang apakah Soeder, pemimpin Partai Persatuan Sosial Kristen (CSU), atau Armin Laschet dari CDU berhadapan dalam pemilihan 26 September mewakili kedua partai itu sebagai kandidat untuk menggantikan Angela Merkel.

"Markus Soeder dan saya telah melakukan percakapan panjang sebelumnya. Kami menyatakan kesediaan kami untuk bersaing dalam pemilihan sebagai kanselir," kata pemimpin CDU Armin Laschet pada konferensi pers bersama.

Dengan makin dekatnya pemilu September, kelompok konservatif mendesak keputusan mengenai pencalonan itu untuk mengakhiri spekulasi yang mencerminkan perpecahan.

Laschet mengatakan langkah selanjutnya akan dilakukan Senin dengan pertemuan komite CDU dan CSU namun tidak memberi rincian untuk keputusan tersebut.

"Kami ingin memenangkan pemilihan ini pada musim gugur - itu tujuan utamanya. Dan kami sekarang memikirkan formasi terbaik," kata Soeder.

"Ada harapan besar bahwa solusi bersama akan tercapai lebih cepat," kata Soeder, dan menekankan bahwa kedua kandidat yang bersaing telah sepakat untuk saling menghormati.

Konservatif Cemas Tanpa Merkel

Laschet, 60, adalah seorang politisi beraliran tengah yang dipandang luas sebagai kandidat yang akan melanjutkan kebijakan Merkel, tetapi ia dan Markel berselisih terkait pembatasan virus corona. Laschet yang menjadi gubernur negara bagian terpadat di Jerman, Rhine-Westphalia Utara, popularitasnya menurun karena penanganan krisis yang kacau.

Soeder, 54, adalah operator politik pandai yang berpihak pada Merkel selama pandemi namun belum pernah ada pemimpin CSU yang menjadi kanselir Jerman.

Banyak konservatif cemas mengenai persaingan pemilihan federal 26 September tanpa Merkel, yang telah memberi mereka kemenangan selama empat kali. Markel menolak mencalonkan diri untuk masa jabatan kelima dan belum secara eksplisit mendukung salah satu kandidat meskipun ia telah mengisyaratkan akan mendukung pemimpin CDU. [my/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG