Tautan-tautan Akses

Pemilihan Presiden Berlangsung di Sierra Leone


Julius Maada Bio, calon presiden Partai Rakyat Sierra Leone (SLPP), menggendong putrinya saat memasukkan surat suaranya ke kotak suara saat berlangsungnya pemilihan umum Sierra Leone di Freetown, Sierra Leone, 7 Maret 2018.

Rakyat Sierra Leone mendatangi TPS-TPS, Rabu (7/3), untuk memilih presiden baru yang mereka harapkan dapat memimpin negara Afrika Barat itu keluar dari kesulitan ekonomi yang diakibatkan wabah virus Ebola pada 2014.

Enam belas orang calon bersaing untuk menggantikan Ernest Bai Koroma yang akan segera mengakhiri kepemimpinannya setelah dua kali menjalani lima tahun masa jabatan presiden. Dua kandidat yang diperkirakan paling unggul adalah Samura Kamara dari partainya Presiden Karoma, yakni Partai Kongres Rakyat (APC), dan Julius Maada Bio, pemimpin Partai Rakyat Sierra Leone (SLPP). Kedua partai itu secara bergiliran memimpin negara kecil itu sejak meraih kemerdekaan dari Inggris tahun 1961.

Suasana pemilihan Presiden di salah satu TPS di Freetown, Sierra Leone March 7, 2018.
Suasana pemilihan Presiden di salah satu TPS di Freetown, Sierra Leone March 7, 2018.

Pemilihan presiden tahun ini berlangsung lebih sengit dari sebelumnya. Sebuah partai yang baru dibentuk, Partai Koalisi Megah Nasional, yang dipimpin mantan diplomat PBB Kandeh Yumkella, mendapat dukungan dari para pemilih muda yang tidak menyukai APC atu SLPP.

Banyaknya calon yang bersaing kemungkinan akan meningkatkan peluang berlangsungnya pemilihan babak kedua jika tidak ada satupun kandidat yang mendapat 55 persen suara yang dibutuhkan sedikitnya untuk dinyatakan sebagai pemenang. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG