Tautan-tautan Akses

Sierra Leone akan Lelang Berlian Jutaan Dolar untuk Pembangunan


Berlian 709-karat yang ditemukan di Sierra Leone dan dikenal sebagai "Berlian Perdamaian", ditampilkan dalam sebuah tur sebelum pelelangan di Diamon Exchange di Ramat Gan, Israel, 19 Oktober 2017.

Sierra Leone berharap bisa meraup jutaan dolar dari lelang sebuah berlian besar yang belum diasah untuk membiayai proyek-proyek pembangunan. Pelelangan berlian yang diyakini salah satu berlian terbesar di dunia akan dilakukan di New York pada Desember.

Pelelangan ini adalah upaya kedua pemerintah Sierra Leone untuk menjual berlian 790 karat yang dikenal dengan nama "Berlian Perdamaian," setelah menolak penawaran tertinggi senilai 7,8 juta dolar pada lelang pertama di New York pada Mei.

Lebih dari setengah hasil penjualan akan digunakan untuk membiayai proyek-proyek pengadaan air bersih, listrik, pendidikan dan kesehatan di Sierra Leone, terutama di desa Koryardu di wilayah Kono di selatan Sierra Leone, tempat berlian tersebut ditemukan.

"Ada alasan Tuhan memberikan berlian-berlian ini ke masyarakat paling miskin di dunia dan membuat orang paling kaya menginginkannya. Ini adalah Tikun Olam (bahasa Yahudi yang artinya memperbaiki dunia). Hal ini akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik," kata Martin Rapaport, ketua Grup Rapaport, sebuah jaringan perusahaan berlian yang akan mengatur lelang tersebut, kepada Reuters.

Berlian yang menurut para pelelang berukuran 14 terbesar di dunia, ditemukan di Koryardu pada Maret oleh seorang pastor Kristen yang kemudian menyerahkannya ke pemerintah.

Berlian menyebabkan pecahnya perang sipil yang berlangsung satu dekade dan berakhir pada 2002. Pada saat itu, para pemberontak memaksa penduduk sipil untuk menambang berlian dan membeli senjata dari hasil penjualan berlian hingga memunculkan istilah "berlian-berlian berdarah." [fw/au]

XS
SM
MD
LG