Tautan-tautan Akses

AS

Para Kandidat Capres Demokrat Pesimis Sanders akan Bisa Kalahkan Trump


Senator Bernie Sanders, kandidat Capres terdepan Partai Demokrat

Para kandidat presiden Partai Demokrat menarget Bernie Sanders, kandidat terdepan, dalam perdebatan yang seru hari Selasa. Mereka mengatakan, kandidat yang pernah menyatakan dirinya seorang demokrat sosialis, akan kalah dari Trump dalam pemilihan nasional November apabila ia dinominasikan sebagai calon presiden Partai.

“Bernie akan kalah dari Donald Trump, serta DPR dan Senat akan dikuasai oleh Republik,” kata mantan walikota New York Michael Bloomberg dalam perdebatan di Charleston, South Carolina itu. Sabtu mendatang pemilihan pendahuluan atau primary akan berlangsung di negara bagian ini.

Sanders membalas dengan mengatakan, survei nasional menunjukkan dia mengalahan Trump.

Lawan-lawan Sanders satu per satu menyerang Senator berusia 78 tahun itu, dan mengecamnya karena lebih menyukai program asuransi kesehatan yang dioperasikan pemerintah yang menurut mereka akan menelan biaya $ 60 triliun selama satu dekade, dan mengakhiri asuransi kesehatan swasta yang kini melayani 160 juta warga Amerika.

Sanders menampik tuduhan itu, dan membela rencana “Medicare for All” yang disusunnya. Katanya rencananya itu akan menghemat biaya kesehatan untuk jutaan warga Amerika.

Sanders telah melonjak popularitasnya di kalangan pemilih Demokrat dalam pol-pol nasional. [jm/ii]

XS
SM
MD
LG