Tautan-tautan Akses

AS

Pemilih AS Bersiap Pemilihan Pendahuluan "Super Tuesday" Terbesar Kedua


Mangkok berisi stiker untuk para pemilih yang mengikuti pemilihan pendahuluan, di Steubenville, Ohio, 15 Maret 2020. (Foto: AP)

Pada 2 Juni seharusnya menjadi tenggat atas apa yang tampaknya bagai kampanye pemilihan pendahuluan presiden Amerika 2020 yang tidak berujung. Dalam sebagian besar tahun pemilu, calon partai untuk presiden Amerika sudah ditetapkan pada saat itu.

Selama 33 bulan terakhir, 33 orang berkampanye untuk nominasi Partai Demokrat menjadi presiden. Pada 2 Juni, negara-negara bagian yang menggelar pemilihan pendahuluan mungkin bisa menetapkan calon presiden. Namun kemudian terjadi pandemi virus corona dan secara dramatis mengacaukan kalender kampanye.

Pada pertengahan Maret, negara-negara bagian mulai menunda pemilihan pendahuluan guna mencegah massa datang ke tempat-tempat pemungutan suara dan mengulur waktu untuk memperluas kesempatan pemberian suara melalui pos.

Selasa (9/6) depan, Montana, New Jersey, New Mexico, South Dakota dan District of Columbia dijadwalkan mengadakan pemilihan pendahuluan.

Namun, dalam upaya meredam penyebaran virus corona, enam negara lain menunda pemilihan pendahuluan hingga 2 Juni. Hal itu menjadikannya hari terbesar kedua untuk memilih delegasi setelah "Super Tuesday" pada 3 Maret. Pada saat itu kira-kira sepertiga dari semua delegasi yang akan menghadiri Konvensi nasional Partai Demokrat dipilih.

Keenam negara bagian itu adalah Connecticut, Delaware, Indiana, Maryland, Pennsylvania, dan Rhode Island.[ka/pp]

XS
SM
MD
LG