Tautan-tautan Akses

AS

Ketua DPR AS Dukung Joe Biden sebagai Capres dari Partai Demokrat


Ketua DPR AS Nancy Pelosi dalam konferensi pers di Gedung Capitol, Washington, D.C., 24 April 2020. (AP Photo/Andrew Harnik)

Ketua DPR AS Nancy Pelosi secara resmi mendukung mantan wakil presiden Joe Biden untuk dinominasikan sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

Dalam rekaman video yang dirilis Senin pagi (27/4), ia menggambarkan Biden sebagai “personifikasi harapan dan keberanian.” Pelosi menyebut pengalaman Biden membantu meloloskan UU Layanan Kesehatan yang Terjangkau dan pemberlakuan UU Pemulihan dan Reinvestasi Amerika tahun 2009 sebagai alasan bahwa Biden dalam posisi yang baik untuk memimpin Amerika di tengah-tengah pandemi global.

Meskipun dukungan Pelosi ini bukan merupakan kejutan, Pelosi memilih tetap netral selama proses pemilihan pendahuluan partai Demokrat, dengan berulang kali memperingatkan partai agar fokus pada upaya mengalahkan Presiden Donald Trump dalam pemilu November mendatang.

Meskipun Biden masih kekurangan 600 delegasi dari 1.991 yang diperlukan untuk meraih nominasi Partai Demokrat, semua pesaingnya di partai telah menghentikan kampanye mereka atau mendukungnya, membuatnya hampir pasti ditetapkan sebagai calon presiden dari partai Demokrat pada musim panas mendatang.

Dalam pernyataan melalui video hari Senin, Pelosi menyerukan partai agar bersatu, dengan mengatakan, “Dengan begitu banyaknya yang dipertaruhkan, kita memerlukan antusiasme, semangat dan partisipasi seluruh rakyat Amerika, baik di surat suara maupun di berbagai penjuru negeri.” [uh/ab]

XS
SM
MD
LG