Tautan-tautan Akses

Wisconsin akan Umumkan Hasil Pemilihan Pendahuluan


Pemilihan pendahuluan di Wisconsin. (Foto: videograb).
Pemilihan pendahuluan di Wisconsin. (Foto: videograb).

Para pejabat pemilihan di negara bagian Wisconsin hari Senin (13/4) siap merilis hasil pemilihan pendahuluan partai Demokrat yang diselenggarakan pekan lalu.

Hasil tersebut tertunda pengumumannya karena pertikaian hukum yang melibatkan gubernur yang berupaya menangguhkan pemungutan suara karena wabah virus corona, namun putusannya dibatalkan oleh mahkamah agung negara bagian tersebut.

Mereka yang menentang diselenggarakannya pemungutan suara menyatakan alasan kesehatan akan membuat orang yang datang ke TPS sedikit saja, sementara banyak sukarelawan mengisyaratkan mereka tidak lagi akan berpartisipasi dalam pemungutan suara itu.

Parlemen yang didominasi partai Republik menganjurkan pelaksanaan pemungutan suara karena banyak jabatan di negara bagian yang harus ditentukan melalui surat suara. Kalau pemungutan suara tidak diselenggarakan, posisi-posisi itu akan dibiarkan kosong.

Hakim menyatakan para pemilih dapat mengirimkan surat suara melalui pos jika disertai cap tanggal pemilihan dan diterima selambat-lambatnya Senin untuk dihitung.

Pengumuman mengenai pemenang dalam pemilihan pendahuluan kandidat calon presiden akan antiklimaks.

Senator Vermont Bernie Sanders mundur dari persaingan menjadi kandidat partai Demokrat sehari setelah pemilihan di Wisconsin, membuat mantan wakil presiden Joe Biden dianggap sebagai pilihan partai dalam menghadapi Presiden Donald Trump pada November mendatang. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG