Tautan-tautan Akses

Pemerintahan Trump ‘Optimistis” Presiden Dapat Keluar dari RS Setelah Dirawat karena Covid


Presiden Donald Trump memberi kejutan kecil bagi para pendukungnya, dengan melewati mereka yang berkumpul di luar Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Md., 4 Oktober 2020.
Presiden Donald Trump memberi kejutan kecil bagi para pendukungnya, dengan melewati mereka yang berkumpul di luar Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Md., 4 Oktober 2020.

Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows mengatakan Presiden Donald Trump hari Senin bertemu dengan para dokter yang merawatnya karena terjangkit COVID-19, untuk mengevaluasi kemajuannya. Ia juga mengatakan pemerintahan Trump ‘optimistis’ presiden akan dapat keluar dari rumah sakit sore hari ini.

Mark Meadows, di RS Walter Reed, Bethesda, 4 Oktober 2020.
Mark Meadows, di RS Walter Reed, Bethesda, 4 Oktober 2020.

“Berbicara kepada presiden pagi ini. Ia terus membaik semalam dan siap kembali ke jadwal kerja normal,” kata Meadows kepada Fox News. “Kami masih optimistis bahwa ia akan dapat kembali ke Gedung Putih nanti hari ini.”

Pada hari Minggu, setelah mencuit video bahwa ia “mendapat kabar sangat baik” dari para dokternya, Trump menjanjikan kejutan kecil untuk para pendukungnya di luar rumah sakit di mana ia dirawat.

Presiden kemudian sempat meninggalkan Walter Reed National Military Medical Center dalam sebuah kendaraan SUV berlapis baja dengan agen-agen Dinas Rahasia di belakangnya untuk melewati massa yang bersorak sorai sambil mengibarkan bendera di luar rumah sakit.

“Presiden Trump melakukan perjalanan singkat dan diputuskan mendadak dalam konvoi kendaraan bermotor ke para pendukungnya di luar dan kini telah kembali ke Presidential Suite di dalam Walter Reed,” kata Juru Bicara Gedung Putih Judd Deere dalam suatu pernyataan.

Sebelumnya hari Minggu, para dokter yang merawat presiden mengungkapkan bahwa pasien mereka mengalami “dua kali penurunan kadar oksigen.” Namun demikian, ia dalam keadaan sangat baik, kata dokter kepresidenan Sean Conley, kepada wartawan.

Tim dokter kepresidenan yang dipimpin Conley bersikap lebih transparan dalam konferensi pers hari Minggu dibandingkan dengan sehari sebelumnya, sewaktu kehadiran mereka di hadapan wartawan Gedung Putih tampaknya menimbulkan lebih banyak pertanyaan.

Conley, ketika ditanya wartawan mengapa ia menghindari pertanyaan mengenai apakah Trump memerlukan oksigen tambahan di Gedung Putih pada hari Jumat – yang dilakukan presiden selama sekitar satu jam – menjawab bahwa ia berusaha “merefleksikan sikap optimistis tim.” [uh/ab]

XS
SM
MD
LG